Monday, March 22, 2010

nissan Livina Hatchback

Livina, Versi Pendek Grand Livina
 
(sumber:kompas) PT Nissan Motor Indonesia akan meluncurkan Livina, yang merupakan versi pendek dari Grand Livina. Sedianya, Livina, yang termasuk kategori hatchback, akan diluncurkan pada bulan Juli lalu, tiga bulan setelah Grand Livina, yang termasuk kategori multi-purpose vehicle, diluncurkan.
Namun, setelah Grand Livina diluncurkan pada tanggal 5 April 2007, sambutan yang diberikan oleh masyarakat di luar perkiraan semula sehingga pembeli Grand Livina terpaksa harus menunggu dua sampai tiga bulan untuk memperoleh mobil yang dipesannya.
Persoalannya, kapasitas produksi Grand Livina 1.500 unit per bulan, padahal pemesanan Grand Livina mencapai 8.000-an unit. Akibatnya, pembeli harus bersabar menunggu, yakni dari tiga sampai tujuh bulan, tergantung varian yang dipesan. Walaupun PT Nissan Motor Indonesia sudah melakukan shift (menambah jam produksi), tetapi hal itu pada awalnya tidak banyak membantu.
Itu sebabnya, PT Nissan Motor Indonesia tidak mempunyai pilihan lain kecuali menunda peluncuran Livina sampai bulan Januari tahun 2008. Sulit dibayangkan apa yang terjadi jika pembeli Livina juga harus menunggu selama pembeli Grand Livina.
 
Meskipun baru akan diluncurkan pada bulan Januari 2008, tetapi sesungguhnya Livina sudah dua kali muncul di depan umum. Yang pertama adalah pada peluncuran Grand Livina di atrium pusat perbelanjaan Senayan City (5 April 2007) selama beberapa menit, dan yang kedua dipajang di stan Nissan pada Indonesian International Motor Show (IIMS) 2007 pada bulan Juli lalu. Dan, perhatian yang diberikan kepada Livina pun cukup banyak.
Namun, mengingat segmen yang disasar oleh Livina itu sudah sangat sesak, maka Livina pun mengadakan persiapan khusus sebelum menerjunkan diri. Bagaimana tidak, di segmen hatchback kompak yang didominasi oleh Honda Jazz itu ada Toyota Yaris, Suzuki Swift, KIA Pride, Chevrolet Kalos, Hyundai Getz, dan Daihatsu Sirion. Dan, di dekatnya juga masih ada Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.
Dalam kaitan itulah, PT Nissan Motor Indonesia pada tanggal 1 November lalu mengadakan lomba modifikasi Livina yang melibatkan sekitar 20 rumah modifikasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Dan, pada tanggal 16 November lalu telah dipilih lima finalis.
Lomba modifikasi itu dianggap perlu mengingat Livina akan memasuki segmen yang didominasi oleh kalangan muda, yang gemar tampil beda. Dengan adanya lomba modifikasi tersebut, PT Nissan Motor Indonesia membantu kaum muda dengan memberikan pilihan modifikasi yang tetap memerhatikan faktor keamanan (safety).
Belum diketahui berapa harga jual Livina yang memiliki panjang 4,400 meter, lebar 1,690 meter, dan tinggi 1,595 meter. Dari segi sosok, yang berbeda dengan Grand Livina, hanyalah panjangnya (Livina 20 sentimeter lebih pendek), sedangkan jarak antara as roda depan dan as roda belakang (wheelbase) 2,600 meter serta ketinggian bagian bawah mobil dari permukaan tanah (ground clearance) 18,5 sentimeter sama dengan Grand Livina. Dan, dari segi mesin, Livina hanya ditawarkan dengan mesin berkapasitas 1.5 Liter, berbeda dengan Grand Livina yang ditawarkan dengan mesin berkapasitas 1.5 Liter dan 1.8 Liter. (JL)
kita tunggu hadirnya dan ulas lagi di awal tahun 2008 ini :

semoga di Indonesia, NMI juga memberikan opsi untuk bemper depan versi SUV 
ditunggu komen2nya
update per 10/01/2008 :
Harga OTR Livina M/T XR 140,500,000
Harga OTR Livina A/T XR  148,500,000
cuman ada 2 type.

0 comments:

Post a Comment