Saturday, March 20, 2010

New Karimun Estilo

New Karimun Estilo

JAKARTA, KOMPAS-Suzuki Indomobil Sales (SIS) 10 Oktober lalu, memperkenalkan New Karimun Estilo kepada wartawan dengan langsung menguji cobanya, Jakarta-Badung selama dua hari, 12-13 Oktober.
Di negara asalnya, India,  mobil ini dinamakan Suzuki Zein Estilo. Versi baru yang disebut juga “All-New Estilo” diluncurkan 25 Agustus lalu. Sedangkan di Indonesia disebut “New Karimun Estilo”, versi kedua dari Karimun Estilo. Versi pertama mobil yang diimpor CBU (completely built-up unit) diluncurkan 20 Mei 2007.
Estilo (kata estilo berasal dari Spanyol yang berarti “gaya” atau ‘style”) jugaga disebut sebagai “van keluarga mini” di India. Pasalnya, mobil ini menggunakan desain dan monoform dan tinggi.
Eksterior. New Karimun Estilo, tak hanya “facelift”  agar wajahnya  fresh, mesin ternyata diganti. Sosok baru Estilo yang berubah adalah gril depan, bumper depan, lampu kabut yang sekarang terintegrasi dengan bumper depan, fender (spatbor) depan dan belakang.
Bila versi lama, fendernya rata, kini dilengkapi dengan lengkungan sehingga tampil lebih gaya. Perubahan lain adalah tutup roda. Bumper depan juga tampil lebih dinamis, mengikuti gaya mobil mobil sekarang ini. Bumper depan dilengkapi kisi-kisir berbebentuk trapesium.
Di belakang, desain bumper juga berubah. Namun desain lampu kombinasi masih sama dengan versi sebelumnya, yaitu segi tiga siku dengan tiga segmen warna, merah putih dan merah.


Interior. Interior Estilo baru  juga didandani dengan penampilan kombinasi warna beige/coklat. Cover jok dibuat timbul (emboss) dengan desain geometrik. Tampak lebih atraktif, dengan tambahan aksentuasi silver pada konsol tengah, meter kombinasi, setir, gril AC dan kepala tuas pemindah gigi. Panel instrumen menggunakan speedometer desain baru. Indikator bensin ditayangkan secara digital.
Mesin. Mesin diganti total. Kini Estilo menggunakan mesin K-Series (sebelumnya F10D). Kapasitas mesin baru ini lebih kecil, yaitu 998 cc, 3 silinder. Sedangkan sebelumnya 1.061 cc, 4 silinder.
Kendati demikian, kinerja mesin baru ini lebih hebat karena menggunakan teknologi DOHC. Klaim Maruti-Suzuki, tenaga yang dihasilkan 68 PS @6.200. Torsi juga naik (lihat tabel perbandingan). Lantas dengan kombinasi transmisi baru, Maruti-Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar  mobil ini18,2 km/liter. Irit banget!  Suara  yang ditimbulkan mesin halus dan getarannya rendah.
Mesin  baru menggunakan crank shaft yang off-set. Tujuannya  untuk memnperoleh efisiensi volumetrik, meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar dan perbandingan kompresi tinggi. Saluran  isap (intake manifold) dibuat dari plastik untuk mengurangi berat dan kerugian isap.
Teknologi lain adalah pengapian tana distributor yang disebut Suzuki dengan “Smart Distributor-less ignition” atau (SDLi. Dengan ini pula, koil langsung pada busi. Diinformasikan pula, injektor yang digunakan sekarang mampu menghasilkan pengabut lebih baik. Tak kalah menarik, di India mesin K10B  pergantian oli dilakukan setiap 10.000 km. Hebat euy!
Transmisi. Transmisi yang digunakan manual, 5-percepatan, dioperasikan melalui kabel. Pengoperasiannya lebih halus dan cepat karena hambatan mekanisnya lebih rendah. Hal itu bisa diperoleh karena menggunakan ‘detent pin’ pada pemindah gigi dan mekanisme pemilih gigi.
Mekanisme  pemilik kerjanya berubah dari geser menjadi gelinding.  Inilah yang membuat hambatan berkurang. Di India mobil ini dijual Rs (rupee) 340.000 atau kalau dikonversi menjadi Rp 70 juta. Nah, sekarang ini, versi lama harganya di Indonesia Rp 127.750.000. Untuk New Karimun Estilo, menurut Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Endro Nugroho, harga masih sama dengan yang lama.
Perbedaan Mesin Karimum Estilo Baru dan Lama
Item
Baru
Lama
Tipe
K10 B
F10D
Jumlah silinder
3
4
Teknologi
DOHC, injeksi
SOHC,  injeksi
Kapasitas          cc
998
1.068
Tenaga maks. PS @ rpm
68 @6200
65@6.200
Torsi maks. Nm@ rpm
90@3500
84@3.500

0 comments:

Post a Comment