New Karimun Estilo
JAKARTA, KOMPAS-Suzuki Indomobil Sales (SIS) 10 Oktober lalu, memperkenalkan New Karimun Estilo kepada wartawan dengan langsung menguji cobanya, Jakarta-Badung selama dua hari, 12-13 Oktober.
Di negara asalnya, India, mobil ini dinamakan Suzuki Zein Estilo. Versi baru yang disebut juga “All-New Estilo” diluncurkan 25 Agustus lalu. Sedangkan di Indonesia disebut “New Karimun Estilo”, versi kedua dari Karimun Estilo. Versi pertama mobil yang diimpor CBU (completely built-up unit) diluncurkan 20 Mei 2007.
Estilo (kata estilo berasal dari Spanyol yang berarti “gaya” atau ‘style”) jugaga disebut sebagai “van keluarga mini” di India. Pasalnya, mobil ini menggunakan desain dan monoform dan tinggi.
Bila versi lama, fendernya rata, kini dilengkapi dengan lengkungan sehingga tampil lebih gaya. Perubahan lain adalah tutup roda. Bumper depan juga tampil lebih dinamis, mengikuti gaya mobil mobil sekarang ini. Bumper depan dilengkapi kisi-kisir berbebentuk trapesium.
Di belakang, desain bumper juga berubah. Namun desain lampu kombinasi masih sama dengan versi sebelumnya, yaitu segi tiga siku dengan tiga segmen warna, merah putih dan merah.
Kendati demikian, kinerja mesin baru ini lebih hebat karena menggunakan teknologi DOHC. Klaim Maruti-Suzuki, tenaga yang dihasilkan 68 PS @6.200. Torsi juga naik (lihat tabel perbandingan). Lantas dengan kombinasi transmisi baru, Maruti-Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar mobil ini18,2 km/liter. Irit banget! Suara yang ditimbulkan mesin halus dan getarannya rendah.
Mesin baru menggunakan crank shaft yang off-set. Tujuannya untuk memnperoleh efisiensi volumetrik, meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar dan perbandingan kompresi tinggi. Saluran isap (intake manifold) dibuat dari plastik untuk mengurangi berat dan kerugian isap.
Teknologi lain adalah pengapian tana distributor yang disebut Suzuki dengan “Smart Distributor-less ignition” atau (SDLi. Dengan ini pula, koil langsung pada busi. Diinformasikan pula, injektor yang digunakan sekarang mampu menghasilkan pengabut lebih baik. Tak kalah menarik, di India mesin K10B pergantian oli dilakukan setiap 10.000 km. Hebat euy!
Mekanisme pemilik kerjanya berubah dari geser menjadi gelinding. Inilah yang membuat hambatan berkurang. Di India mobil ini dijual Rs (rupee) 340.000 atau kalau dikonversi menjadi Rp 70 juta. Nah, sekarang ini, versi lama harganya di Indonesia Rp 127.750.000. Untuk New Karimun Estilo, menurut Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Endro Nugroho, harga masih sama dengan yang lama.
Perbedaan Mesin Karimum Estilo Baru dan Lama
Item | Baru | Lama |
Tipe | K10 B | F10D |
Jumlah silinder | 3 | 4 |
Teknologi | DOHC, injeksi | SOHC, injeksi |
Kapasitas cc | 998 | 1.068 |
Tenaga maks. PS @ rpm | 68 @6200 | 65@6.200 |
Torsi maks. Nm@ rpm | 90@3500 | 84@3.500 |
0 comments:
Post a Comment