Saturday, March 20, 2010

Toyota Fortuner

 














by Autobild. Saat meminjam dari PT Toyota-Astra Motor (TAM), bagian pertama yang kami pelajari dari Fortuner ini adalah sistem 4WD-nya. Melalui tuas kecil di depan tuas transmisi otomatis 4-speed, tertera posisi gigi H, HL, N dan LL. Sempat bingung karena kami berpikir H adalah posisi transmisi untuk gerak roda belakang.
Setelah ditelaah, ternyata Fortuner termewah ini dilengkapi sistem penggerak full time all-wheel drive. Artinya, H bukan untuk 2WD melainkan 4WD permanen. Saat tuas di H tenaga mesin didistribusikan 40:60 ke roda depan dan belakang melalui transfer case.
Selain itu, ia dilengkapi Limited Slip Differential (LSD) dengan Torque Sensing (TORSEN). Artinya, jika salah satu as roda terjebak lumpur, maka tenaga akan dipindahkan ke as roda lainnya untuk membantu SUVgambot ini keluar dari jebakan tersebut.
Posisi gigi berikutnya adalah HL. Di sini diferensial tengah dikunci sehingga seluruh tenaga dibagi merata antara as roda depan dan belakang serta LSD tidak berfungsi. HL dipakai untuk medan lumayan berat namun belum sampai membuat mobil kandas di tengah jalan. Area perkebunan bisa jadi contoh tempat pemakaian HL. fortuner view from the top
Sementara LL dipakai untuk kondisi off-road berat dimana HL sudah tidak mampu mengatasi keadaan. Pada LL, selain diferensial tengah dikunci, perbandingan gigi yang keluar dari transfer case turut diperbesar. Jika pada H dan HL hanya 1:1, saat LL diaktifkan perbandingan gigi keluar dari transfer case dinaikkan menjadi 1:2,566. Torsi melonjak drastis dan mobil bisa merayap tanpa halangan. Semakin mantap lantaran perbandingan gigi akhirnya mencapai 1:4,555.
Ini kami buktikan saat mengajak Fortuner bermain di sekitar waduk Jatiluhur, Subang, Jawa Barat. Memang medan yang kami lalui tidak seberat yang diharapkan. Tapi tanjakan terjal dengan batu besar di sekelilingnya jadi ajang pembuktian seberapa kuat ia sanggup menaklukkannya.
Saat tuas pada LL, torsi berlimpah sangat terasa pada ban. Begitu pedal gas diinjak mobil seperti ingin melompat ke depan. Proses menaiki bukitberbatu dapatdilakukan dengan mudah karena terjadi sinergi antara as roda depan dan belakang. Distribusi tenaga sama besar antara kedua poros membuatnya tidak pernah kehilangan traksi saat merayap naik.
Apalagi ground clearance tinggi dan jarak main suspensi panjang membuat Fortuner mudah menapaki bebatuan yang mengadang. Ban tebal juga memberi keyakinan pelek tidak akan terluka dan membantu ayunan suspensi.
Kerugian dari sistem 4WD permanen ada pada konsumsi bbm lantaran mesin harus bekerja keras memberi tenaga pada ke empat roda. Kami mencatat figur 7,2 km/liter untuk dalam kota dan 9,4 km/liter untuk tol. Namun apalah artinya figur tersebut andai jiwa off-roader Anda
terpuaskan olehnya.
Oh ya, mengingat bobotnya dan Fortuner ini lebih diperuntukkan guna bermain di medan non-aspal, ia dilengkapi pembatas kecepatan. Melalui sensor di ECU kecepatan tertinggi dibatasi hanya mencapai 160 km/jam.
fortuner is a sophisticated SUV
Urusan tampilan, 4×4 tidak beda dengan model lebih murah. la hanya mendapat bonus setelan elektrik pada jok pengemudi yang bisa direbahkan sampai rata untuk tempat melepas lelah. Padahal selisih harganya dengan model 2.7 G A/T mencapai Rp 49 juta. So, tertarik untuk bermain lumpur dengannya?
SEKILAS PANDANG
- Beragam aksesoris resmi Toyota disediakan untuk memperkokoh tampilannya
- Kode N pada tuas 4×4 digunakan untuk menetralkan transfer case
- Tersedia enam pilihan warna menarik
First opini
TOYOTA Fortuner bisa menjadi pilihan kaum mapan yang ingin bermain lumpur saat weekend. Dengan pengaturan manual pada transfer case, menjamin flag-ship dari proyek IMV ini mampu mengatasi segala rintangan yang menghadang. Pun dengan kenyamanan ala SUV mewah yang tetap kental melekat pada dirinya.
SPESIFIKASI
Mesin: 2.694 cc 4 silinder, 160 dk
0-100 km/jam: 12,32 detik
Konsumsi bbm tol/dalam kota: 7,2/9,4 km/liter
Harga: Rp 402,4 juta
(+): Desain luar lebih modern, transmisi matik Tiptronic, lebih fun to drive di jalan aspal
(-): Bantingan lebih keras, bukan off-roader sejati, harga lebih mahal
July 2008
Manajer Komunikasi Pemasaran PT (TAM) Achmad Rizal mengatakan, pihaknya optimis dapat meraih target penjualan SUV Fortuner sebanyak 6.650 unit. “Kami optimis dapat meraih target penjualan sebanyak 6.650 unit hingga akhir tahun ini, sekarang saja sudah banyak yang pesan,” ujarnya namun menolak memberikan angka yang pasti.
New Fortuner terlihat lebih gagah dan merefleksikan kepribadian pemiliknya yang menyukai tantangan.
Dengan hadirnya New Fortuner ini, tambah Rizal TAM semakin memperokokoh jajaran SUV-nya.
New Fortuner hadir dalam tiga varian, yaitu 2TR-FE 2.7 L (4×4) VVT-i bensin dan diesel serta 2KD-FTV 2.5 L D-4D diesel (4×2).
SUV berdimensi 4.695×1.840×1.850 ini mampu menghasilkan torsi maksimum 24,6 kgm/3.800 rpm (2TR-FE) dan 26.5 kgm/1.600-2.400 rpm (2KD-FTV).
Perbedaan antara Fortuner sebelumnya dengan New Fortuner antara lain, lampu headlight dan rearlight yang kini menjadi projector dari reflector, wheel disc menjadi 265/65 R 17 dari sebelumnya 267/70 R16, outer mirror yang dilengkapi dengan power retract, dan interior yang dilengkapi dengan wood panel. Selain itu Air Conditioner New Fortuner juga terdapat di atas kabin penumpang yang sebelumnya hanya terdapat pada dashboard saja.
Achmad Rizal mengatakan New Fortuner ini bisa diperoleh konsumen mulai bulan September. “New Fortuner sudah bisa delivery bulan Sepetember,” imbuhnya.
Sampai saat ini, Fortuner memberikan kontribusi sebanyak 5 persen pada penjualan PT TAM. Selama semester pertama Fortuner telah terjual sebanyak 4.160 unit di Indonesia.
New Fortuner hadir dalam enam pilihan warna, yaitu super white II, Silver Metallic, greyish brown metallic, dark grey mica, black mica, dan blue metallic. TAM merilis New Fortuner dengan harga Rp 297 juta untuk diesel dan Rp 302 juta untuk bensin. Tertarik, liat di booth Toyota. [O1]
From this large exterior design comes the Fortuner’s spacious interior which gives seven passengers superior comfort, ample leg room space and high quality amenities as reflected by its interior dimensions.
Passengers of the new Fortuner will be treated to a comfortable ride with its the plush Moquette-covered seats. Second row seats are capable of 60-40 split, while third row seats are capable of 50-50 split to maximize space for cargo. The driver’s seat of the Fortuner has a sporty four-spoke leather-wrapped steering wheel, a gate-type automatic transmission, and an instrument metal panel center cluster.
Toyota Fortuner has a sleek interior

0 comments:

Post a Comment