Monday, March 22, 2010

DAIHATSU SIRION

DAIHATSU SIRION

(media-indonesia.com)Agen tunggal pemegang merek (ATPM) Daihatsu di Indonesia PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada 19 April lalu secara resmi mengumumkan diluncurkannya produk yang diberi nama Daihatsu Sirion.
Kendaraan yang masuk dalam kategori compact city car ini mengusung tag line Your Smart Move yang bisa diartikan sebagai pilihan cerdas bagi keluarga muda dan anak muda yang beraktivitas di perkotaan.
Meski masuk kategori kompak, kendaraan ini memiliki dimensi yang tampak lebih besar dan tinggi ketimbang kendaraan di kelasnya. Meski demikian, Sirion tidak lebih tinggi dari kendaraan MPV, sehingga sepintas ukurannya nyaris mendekati kendaraan crossover baru Suzuki SX4.
Faktor itulah yang membuat pihak Daihatsu berani mengklaim kendaraan ini memiliki interior lebih lapang ketimbang kendaraan sejenis seperti Suzuki Swift, Toyota Yaris, maupun Honda Jazz.
Jok bagian belakangnya memiliki fitur menarik, dan tak mau ketinggalan dengan ultra seat milik Honda Jazz. Dudukan jok dapat ditarik ke depan sehingga lebih lebar dan lebih rata untuk menampung barang besar atau menyediakan ruang bermain yang lapang untuk anak-anak.
Jika sandarannya direbahkan ke depan, kabin bagian belakang memiliki akses tembus ke ruang bagasi hingga kapasitas angkutnya meningkat. Yang pasti dalam kondisi normal, Sirion diklaim sanggup membawa 5 penumpang tanpa harus berdesakan.
Bagian eksteriornya sendiri memiliki tampilan unik berkat permainan garis-garis tegas di bagian kap mesin. Saat menyisir ke bagian belakang, terdapat lampu kombinasi berteknologi LED yang membuatnya tampak ‘lebih mahal’.
Kesan ‘mahal’ lain yang ada pada kendaraan yang telah dilengkapi pengaman antipencurian sistem immobiliser ini ada pada spion samping yang memiliki tambahan lampu sinyal untuk meningkatkan unsur keselamatan bagi pengendara di sekitar.
Kelebihan lain yang disandang oleh kendaraan yang dibuat di pabrik Perodua (Daihatsunya Malaysia) ini adalah pada pintu-pintunya yang dapat dibuka hingga 80 derajat. Alhasil membuat penumpang maupun barang berukuran besar dapat mengakses pintu ini dengan lebih leluasa.
Sebagai pembangkit tenaga, Sirion dibekali dengan mesin yang sama dengan Xenia yang terbukti efisien berkat penambahan fitur VVT-i pada mesin K3-VE DOHC berkapasitas 1.298 cc. Tenaga yang sanggup dihasilkan mencapai 92 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 12,2 kgm pada 4.400 rpm.
Sebelum tersalur pada roda depan, tenaga mesin yang suplai bahan bakarnya menganut sistem injeksi elektronik ini ditransfer pada transmisinya yang memiliki dua varian pilihan, manual 5 speed atau otomatis 4 speed.

Urusan harga, Sirion ditawarkan dengan harga on the road (DKI Jakarta) Rp132 juta untuk tipe M M/T (manual) dan Rp142 juta untuk tipe M A/T (otomatis) dalam 5 pilihan warna, yaitu mystique red (solid), midnight black metallic, glittering silver metallic, classic gold metallic, dan mocca silver metallic.
Jika ingin tampil ‘lebih’, tersedia paket optional dynamic di antaranya adalah jok lapis kulit, sonar belakang untuk membantu saat parkir, dan beberapa pernik pemanis lainnya. (Chadie/S-2)
Karakteristik Daihatsu Sirion
1. Desain eksterior yang modern, trendi dan unik
Daihatsu Sirion hadir dengan tampilan eksterior yang trendi dan unik. Bumper dan grill depan yang aerodinamis serta adanya alloy wheel dan front mud guard membuat eksterior Sirion tampil sporty. Selain itu kesan modern dan trendi dapat dilihat dari kelengkapan feature multi reflector headlamp, fog lamp, roof antena, crystal LED brake lamp dan high mount stop lamp dan rear wiper. Keseluruhan tampilan eksterior yang sporti, trendi, dinamis serta proposional sangat sesuai dengan gaya hidup perkotaan dan memberikan kestabilan dalam berkendara.
2. Desain interior yang Mewah dan Nyaman
Selain desain eksterior yang moderen dan trendi, Sirion juga dilengkapi dengan berbagai desain interior yang mewah dan nyaman seperti power steering & tilt steering, air conditioner, CD player (+ 4 speaker), power window serta masih banyak feature lainnya yang membuat berkendara dengan Sirion terasa mewah dan nyaman.
3. Ruang interior yang lapang, fleksibel dan bagasi yang luas.
Daihatsu Sirion dirancang untuk menampung 5 orang penumpang dengan nyaman serta memiliki pengaturan kursi yang fleksibel. Selain itu bantalan kursi belakang dapat digeser ke bawah dan ini hanya terdapat di Sirion.
Sirion dengan ukuran compact memiliki bagasi yang luas yang dapat membawa banyak barang. Pintu bagasi belakang dapat dibuka ke atas hingga ketinggian 1,810 mm sedangkan pintu penumpang dapat dibuka hingga maksimal 80° sehingga memberikan kemudahan dalam keluar/masuknya penumpang maupun barang.
4. Terlapang di kelasnya.
Di kelasnya, Sirion memiliki ruang kaki baris kedua yang lega dan nyaman serta memiliki hip point yang sesuai untuk orang Indonesia. Bukaan pintu dan mulut pintu yang lebar memberikan kemudahan akses untuk keluar dan masuk.
5. Mesin 1300 cc dengan VVT-i dan catalytic converter, yang bertenaga, irit, dan ramah lingkungan
Daihatsu Sirion dilengkapi dengan dapur pacu mesin K3-VE 1.3 L, 4-cylinder, DOHC, 16-valve, VVT-i, memberikan performa berkendara yang sangat baik dan efisien bahan bakar.
Tipe mesin K3-VE, DOHC, VVT-i
Kapasitas silinder (cc) 1298
Tenaga maksimum (kW/rpm) 64 kW/6000
Torsi maksimum (N.m/rpm) 116N.m/4,400 rpm
Sistem bahan bakar EFI
Teknologi VVT-i yang dilengkapi pula dengan catalytic converter, menjadikan Daihatsu Sirion memenuhi standar emisi gas buang Euro 2.
6. Varian
Daihatsu Sirion memiliki 2 varian standar pabrik, yaitu tipe 1.3 M M/T (Transmisi Manual) dan 1.3 M A/T (Transmisi Manual). Untuk dealer option, disediakan paket optional Dynamic. Tersedia juga optional items seperti leather seat dan back sonar.
7. Warna
Sirion tersedia dalam 5 warna yaitu :
a.Mystique Red
b.Midnight Black Metallic
c.Glittering Silver Metallic
d.Classic Gold Metallic
e.Mocca Silver Metallic
8. Harga
Untuk varian standar pabrik, harga yang dipasang untuk Daihatsu Sirion sebagai berikut:
Tipe
Harga On The Road DKI Jakarta
M M/T Rp 132.000.000
M A/T Rp 142.000.000

0 comments:

Post a Comment