Saturday, March 20, 2010

Honda Freed

Honda Freed


















sumber mobilku. com - Honda Prospect Motor memperkenalkan secara terbatas kepada media model terbarunya, Honda Freed di Jakarta, Rabu (11/3/09). Honda Freed akan diluncurkan ke publik Juni mendatang.
Minivan 7-seaters ini menggunakan platform yang sama dengan Honda Jazz, tapi wheel basenya lebih panjang. Indonesia adalah negara kedua setelah Jepang yang mendapatkan model ini. Indonesia juga menjadi basis produksi satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.
Minivan ini menawarkan kombinasi style elegan, interior lapang, dengan mesin yang sangat efisien. Meskipun sama-sama berbasis Jazz, namun nyaris tidak terlihat persamaannya. Tiga baris kursi di dalamnya terdiri dari empat captain seat dan bangku di baris ketiga yang bisa dilipat ke samping. Mesin yang dipakai, sama seperti Jazz dan Honda City yaitu empat silinder 1.5 liter yang memproduksi 120hp.
Honda Freed pertamakali diluncurkan di Jepang pada Mei 2008 dan langsung menorehkan prestasi sebgai Best value car tahun 2008. Penjualannya juga mengesankan. Hanya dalam enam bulan sudah menjadi minivan terlaris di Jepang yaitu terjual 60,000 unit.
Sejauh ini, Honda Prospect Motor belum mengumumkan harga dan varian yang akan dipasarkan di Indonesia. Yang pasti, transmisinya hanya matik.


Segmen mobil tujuh penumpang semakin ramai. Ada Toyota Innova, ada Nissan Grand Livina, ada utility vehicle, seperti Avanza dan Xenia, dan ada pula minibus yang diwakili Suzuki APV dan Daihatsu Gran Max. Dan, dalam waktu dekat akan masuk mobil tujuh penumpang yang baru, yakni Honda Freed.
Mobil tujuh penumpang baru dari Honda boleh saja datang belakangan, tetapi mobil itu tidak bisa dianggap remeh. Mobil tujuh penumpang dari Honda yang memiliki platform yang sama dengan Honda Jazz itu adalah benar-benar dibuat untuk mengakomodasi tujuh orang. Dengan demikian, Honda Freed dapat memuat tujuh penumpang dengan leluasa.
Mobil yang berukuran panjang 4,215 meter, lebar 1,695 meter, dan tinggi 1,715 meter itu memang menarik perhatian. Desain eksterior dan tarikan garis-garisnya, serta penggunaan pintu geser (sliding door) yang dioperasikan secara elektronis di kedua sisi, membuat penampilan Honda Freed terlihat mewah dan bergaya (stylish).
Demikian juga dengan desain interiornya yang futuristik. Penempatan tangkai persneling di dashboard, kursi baris kedua yang dapat dimaju-mundurkan, dan kursi baris ketiga yang dapat dilipat menyamping (flip up third row seat), membuat interior Honda Freed sebagai multi-purpose vehicle (MPV) sangat fungsional.
PT Honda Prospect Motor, Rabu (11/3), memperkenalkan Honda Freed kepada wartawan otomotif di XXI Ballroom Djakarta Theater. Honda Freed yang baru akan diluncurkan pada bulan Juni mendatang akan diproduksi di pabrik PT Honda Prospect Motor yang terletak di kawasan industri Karawang, Jawa Barat. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri, pabrik seluas 52 hektar itu juga akan menjadi basis produksi Honda Freed untuk kawasan Asia Tenggara yang akan diekspor ke beberapa negara Asia.
Dengan diluncurkannya Honda Freed pada bulan Juni nanti, Indonesia akan menjadi negara pertama di luar Jepang yang meluncurkan mobil tersebut ke pasar. Honda Freed pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan Mei 2008. Dan, sejak diluncurkan sampai Februari 2009, total penjualan Honda Freed di Jepang mencapai 60.035 unit.
Fitur keamanan (safety feature) tingkat tinggi menjadikan Honda Freed meraih 6 bintang (perolehan tertinggi) dalam uji tabrakan dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP). Mobil yang menyandang mesin i-VTEC 1.5 Liter, yang juga disandang Honda Jazz dan Honda City, didukung kerangka bodi yang diperkokoh (G-CON), bantalan udara (airbag), dan pedestrian protection body.
Dalam sambutannya, Yukihiro Aoshima, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, mengatakan, ”Meskipun kondisi pasar otomotif di Indonesia saat ini menjadi tantangan bagi kami, Honda tetap berkomitmen menyediakan produk-produk baru yang berkualitas untuk tetap menggairahkan pasar. Produk dengan standar internasional yang dihadirkan Honda, kami harap dapat memberikan pilihan baru bagi konsumen.”
Belum diketahui berapa harga jual dari Honda Freed saat diluncurkan. Namun, diperkirakan harga Honda Freed akan berada di kisaran Rp 200 juta. Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menyebutkan, Honda Freed hanya akan dijual dengan menggunakan persneling otomatik. Pertimbangannya, hampir 82 persen konsumen Honda memilih persneling otomatik. (JL)
foto2 tambahan :
dan untuk versi jepang yg ada sun roofnya (entah di indo bakalan ada ga versi yg ini)

0 comments:

Post a Comment