Monday, March 22, 2010

Proton Exora

Proton Exora
 














(mobilku) – Berminat membeli mobil keluarga? Ada satu model lagi yang patut dipertimbangkan, Proton Exora. Minivan pertama buatan negeri jiran ini diperkenalkan di Indonesia, 15 Juli 2008. Proton punya ekspektasi tinggi terhadap sukses Exora di Indonesia.Indonesia adalah negara kedua setelah Malaysia yang menjadi pasar Exora.


Minivan yang akan diposisikan di segmen medium MPV ini menawarkan semua hal yang diharapkan dari minivan. Mulai dari interior lapang, konfigurasi kursi fleksibel, tempat penyimpanan yang sangat beragam dan bagasi praktis dan lapang. Meskipun anda tidak mendapat pintu geser, pintu belakang Exora bisa dibuka sangat lebar sehingga akses keluar masuk menjadi mudah, bahkan untuk kursi baris ketiga.
Fransisco Sirait, head of national sales division mengatakan ada tiga faktor yang menjadi pertimbangan konsumen Indonesia dalam memilih minivan. “Yang pertama adalah interior luas, yang kedua adalah interior luas dan yang ketiga, interior luas, dan itu semua ada di Exora,” katanya.
Ya memang Exora patut di acungi jempol soal itu. Tidak usah bicara soal ruang untuk penumpang baris pertama dan kedua yang semua minivan bisa memberikan ruang lapang. Persoalan ruang biasanya terjadi di kursi baris ketiga. Kondisi ini karena biasanya ruang ini dianggap hanya untuk anak-anak, atau bisa juga karena disain ekterior mobil yang mengorbankan ruang belakang. Tidak banyak mobil tujuh penumpang yang bisa memberi ruang untuk dua orang dewasa dengan nyaman dibaris ketiga. Exora bisa.
Proton mengklaim, baris ketiga bisa mengakomodasi orang dewasa hingga tinggi 180cm. Dan itu terbukti ketika Proton menggelar media test drive. Dengan tujuh penumpang tiap mobil, maka pasti ada dua orang yang berada di kursi belakang. Proton mengatur sedemikian rupa sehingga setiap orang pernah duduk di kursi belakang. Dan kesimpulannya sama. Lega. Lutut tidak menempel dan ruang kepala sangat lega. Bahkan sandaran kursi belakang bisa di rebahkan- jika tidak ada barang di bagasi- sementara head rest bisa digeser hingga maksimal.
Selain dilengkapi head rest, baris ketiga juga dilengkapi dengan blower AC di kiri dan kanan, wadah botol juga di kiri kanan dan seatbelt untuk dua penumpangnya.
Safety
Sebagai kendaraan keluarga, keselamatan dan keamanan menjadi faktor terpenting. Proton melengkapinya dengan dua airbags, seatbelt pre-tensioner untuk penumpang, ABS+EBD, Immobilizer system, Central door lock, alarm dan keyless remote entry. Ada satu fitur menarik yaitu alarm history yang akan memberitahu pemilik bahwa ada seseorang yang pernah mencoba membuka pintu secara paksa. Alarm akan berbunyi dan indikator pintu di panel instrument akan menyala pada sisi pintu yang coba di tembus.
Salah satu fitur yang diunggulkan adalah in-car entertainment system yang diklaim terbaik di kelasnya. Selain CD player, juga dilengkapi aux in untuk MP3 Player ataupun iPod. Kelebihan lain yang ditonjolkan adalah konektifitas Bluetooth sehingga pengemudi bisa menerima telepon dengan lebih aman. Jika diperlukan, suara penelepon bisa di salurkan ke sistem audio mobil sehingga seluruh penumpang bisa mendengar kabar gembira bersama-sama. Saat menerima telepon, nomor pemanggil akan terpampang di layar sistem audio dalam ukuran yang relatif besar sehingga pengemudi tidak kesulitan mengindentifikasi siapa peneleponnya. Seluruh kontrol audio maupun telepon/Bluetooth bisa dilakukan lewat tombol-tombol di kemudi.
New engine
Khusus untuk Exora, Proton menyempurnakan mesin Cam Pro 1.6 liter dengan teknologi CPS (Cam Profile Switching). Ditambah dengan Variable valve technologi, DOHC dan variable intake manifold. Teknologi CPS ini memungkinkan profile cam shaft berubah. Profile pertama memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan profile kedua memaksimalkan peforma. Dengan teknologi itu, produksi daya dan torsi mesin ini meningkat dibandingkan Cam Pro biasa. Kini produksi daya maksimal menjadi 125hp/6500rpm dan torsi puncak 150 Nm/4500 rpm. Sedangkan transmisinya ada dua yaitu 4AT dan 5MT.
Ada tiga pilihan tipe yaitu Exora Executive MT, Exora Executive AT, dan Subprime AT yang paling tinggi. Ada lima warna pilihan termasuk silver dan putih.

MPV 7 seater ini resmi dibanderol dengan harga Rp 175 juta dan Proton Exora bertransmisi otomatis seharga Rp 185 juta. Dan Exora terlengkap dibanderol dengan harga Rp 208 juta di IMS, PRJ.
tambahan info dari situsotomotif
PT. Proton Edar Indonesia (PEI) selaku ATPM Proton di Indonesia resmi meluncurkan kendaraan MPV, yakni Proton Exora pada gelaran pemeran terbesar otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009.
Proton Exora merupakan kendaraan MPV 7 seater yang juga menawarkan 3 elemen utama, yaitu kenyamanan, performa dan keamanan. Untuk memberikan kenyamanan berkendara, Exora dilengkapi dengan Lotus-tuned ride and handling .
Fitur-fitur handal lainnya yang dapat menambah kemudahan, kepraktisan serta keamanan pada Exora adalah adanya fitur Body Control Module (BCM) yang merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat menawarkan lebih dari 20 fungsi berbeda, mulai dari ‘follow me home lights, kunci pintu yang dapat diprogram, kecepatan wiper hingga lampu hazard yang dapat menyala secara otomatis saat pengereman mendadak  Biasanya perangkat tersebut diusung oleh kendaraan-kendaraan buatan Eropa yang berharga jauh lebih mahal dibanding Exora.
Untuk menambah keamanan berkendaranya, Exora juga telah dilengkapi dengan dual SRS airbags dan sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) yang didukung dengan Electronic Brake-Force Distribution (EBD).
Pada sektor dapur pacunya, Exora telah mengusung mesin berkapasitas 1.600 cc CAMPRO Cam Profile Switching (CPS) dengan 4 silinder DOHC 16 valve. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga maksimum 125 hp pada 6500 rpm dengan torsi maksimum 150 Nm pada 4500 rpm.
Proton Exora resmi dibanderol dengan harga Rp 175 juta untuk tipe Executive Manual ransmission dan tipe Executive Automatic Transmission seharga Rp 185 juta, sedangkan Exora varian terlengkapnya, yaitu Exora Supreme Automatic Transmission, dibanderol dengan harga Rp 208 juta. Exora Supreme ini sudah dilengkapi GPS dan DVD player LCD monitor pada plafon kabin tengah.
“Dengan harga tersebut, kita yakin Exora dapat bersaing dengan kompetitor MPV di Indonesia,” ujar Direktur Marketing Dato’ Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir di sela peluncurannya, Jumat (24/7/2009).
Saat ini untuk membeli Proton Exora, customer harus inden selama 1 bulan dengan booking-fee sebesar 5 juta rupiah. Proton Exora hadir dengan lima warna pilihan yang berbeda, yaitu Genetic Silver, Tranquility Black, Haze Blue, Solid White dan Gaia Blue.

0 comments:

Post a Comment