Monday, March 22, 2010

NEW PROTON SAGA

NEW PROTON SAGA
sumber: KOMPAS.com — Krisis ekonomi global yang sedang melanda dunia membuat masyarakat harus selektif dalam memilih kendaraan. Tampaknya, PT Proton Edar Indonesia (PEI) jeli menangkap peluang itu dengan menyodorkan New Proton Saga sebagai pilihan alternatif.
“Justru, dalam kondisi krisis seperti sekarang inilah menjadi tantangan bagi Proton. Makanya, kenapa dalam peluncuran ini kami sebut ‘Meet The Hardworking Sedan’,” ungkap Ricky H K Too, President Director PT Proton Edar Indonesia, di sirkuit Lippo Karawaci, Tangerang, Kamis (19/3). Selain itu, lanjut Ricky, Proton Saga ini merupakan produk pertama sedan nasional Malaysia.
New Proton Saga masih tetap mengandalkan mesin 1.300 cc yang mempunyai keunggulan teknologi dari Lotus. Dari segi desain pun, sedan ini menunjukkan perubahan dengan membidik ke arah anak muda dan keluarga muda. “Di Indonesia, Hardworking Sedan Proton sudah teruji keandalannya,” ungkap Fransisco Sirait, Division Head National Sales PT PEI.
Dalam penjelasan produk, Fransisco mengatakan kenapa Proton tetap mengandalkan mesin 1.300 cc. Ia mengatakan, sedan Proton ini jangan dilihat kapasitas mesinnya saja. Selain menyodorkan teknologi, untuk mesin yang segitu, dengan tenaga 94 hp sudah termasuk besar.
“Selain itu, salah satu keunggulan Proton Saga baru ini ada pada stabilitas. Stabil saat kecepatan tinggi maupun manuver di tikungan. Ini berkat adanya teknologi dari Lotus,” papar Fransisco.
Untuk membuktikan semua itu, para wartawan ikut dalam kendaraan yang dikemudikan peslalom nasional Didi Hardianto, James Sanger, dan si kembar Anggana melakukan manuver balik arah 360 derajat di pit lane sirkuit. Ketika harus membalik 180 derajat, tenaga lumayan bisa didapat.
Adanya tenaga karena pada dapur pacu 1.300 cc, Campro telah dipakaikan Integrated Air Fuel Module (IAFM) yang bisa mendongkrak tenaga, tetapi efisien dalam pemakaian bahan bakar.
Soal harga, Proton Saga baru ini dibanderol Rp 115 juta transmisi manual, sedangkan yang matik Rp 125 juta. Dari sisi harga dan model, Proton bertempur dengan produk Korea, Hyundai Avega 1.500 cc.
sumber2: mobilku.com


Saga menawarkan tiga pilihan yaitu E-Line (entry-level), B-Line dan M-Line yang paling lengkap spesifikasinya. Untuk E-Line hanya tersedia manual gearbox, sementara lainnya tersedia lengkap automatic dan manual.
Power steering, dua speaker dan single-disc Clarion CD receiver audio system merupakan perangkat standar disemua tipe. E dan B Line mendapat peleg baja 13 inch dibungkus ban 175/70 R13, sementara M-line mendapat alloy wheel dengan ban 185/60 R14. Suspensi depan MacPherson dan dibelakang torsion beam. Rem depan cakram dan belakang drums.
Gearbox dipasok Aichi Kikai dan bukan Mitsubishi karena menurut Proton, mereka mendapat lebih banyak ruang untuk menetapkan gear ratio, sesuatu yang tidak diberikan Mitsubishi.
Salah satu yang menarik dari Saga baru ini adalah mesin 1.3 liter Campro IAFM. Mesin ini dilengkapi Integrated Air Fuel Module, sistem intake manfiold yang ukuran panjangnya bisa diubah-ubah. Sistem kelistrikannya diubah sehingga tidak ada lagi kabel busi menjuntai. Ukuran fisik stater lebih kecil tapi kapasitas lebih besar.
Mesin 1.3 liter memproduksi 94hp/6000rpm dan torsi 120Nm/4000rpm. Bila dilihat dari puncak torsinya lebih kecil dari mesin Campro lama. Namun mesin baru ini memperbaiki salah satu kelemahan utama Campro. Mesin Campro IAFM memiliki kurva torsi yang jauh berbeda. Mesin baru bisa memproduksi torsi lebih stabil di tiap putaran dan tidak ada penuruan torsi diputaran menengah, yang dikeluhkan selama ini.
Proton memperkirakan fuel economy untuk versi manual adalah 6 liter per100km dan 6.3 liter/100km untuk versi matik pada kecepatan konstan 90km/jam. Top speed 160km/jam untuk manual dan 155km/jam untuk automatic.
Harga yang ditawarkan mulai dari RM31,500 (Rp 90.7 juta) hingga RM39,998 (Rp 115.2 juta). Ada tujuh warna Proton Saga; Metallic Black, Granite Grey, Solid White, Genetic Silver, Chili Red, Mountain Blue, dan Zircon Green.
Hasil modifikasi di malaysia:

0 comments:

Post a Comment